Kamis, 02 April 2015

ETIKA INTERNET


               
 ETIKA INTERNET



i
nternet  dikenal  sebagai  komunitas  yang  tidak  mengenal  aturan.  Dalam  internet  semua orang  berhak  bertindak ,  berinisiatif,  berkreasi  apa  saja  tanpa  ada Yang  melarang  dan menentang.  Internet  bersifat  bebas  !  Namun  meskipun  bersifat  bebas  dan  terbuka,  ternyata berinternet  juga  memiliki  batasan-batasan  yang  musti  kita  perhatikan. Batasan-batasan  atau etika  tersebut  berupa  tata  tertib  berinternet  yang  sering  disebut  Nettiquette!  Seperti  halnya berkomunikasi  melalui  surat  analog  atau  bertatap  muka,  berkomunikasi  dengan  e-mail  butuh etika  yang  dinamakan  Nettiquette  (atau  Netiket = netter etiket).  Bisa dibayangkan,  hampir  setiap hari  ada  jutaan  e-mail  dikirimkan  dan  diterima  oleh  begitu  banyak  orang.
Maka  jika  salah-salah kata,  bisa  berakibat  Fatal. Tapi  memang  sangat  menyebalkan,  jika  kita menerima  pesan e-mail  yang  pengirimnya  menggunakan  huruf kapital,  mengirim  kembali seutuhnya  pesan-pesan  yang  kita  kirimkan,  atau  menjawab  pertanyaan  panjang  kita,  dengan ucapan,  "saya kira begitu",  atau  "betul."  Nah,  untuk  mencegah  hal  itu  terjadi,  ada  baiknya  kita mengetahui  beberapa  di  antaranya:

1. Perlakukan  e-mail  secara  pribadi

`               Jika  seseorang  mengirim  informasi  atau  gagasan  secara  pribadi,  tidak  sepatutnya  kita mengirimnya  ke  forum  umum,  seperti  kelompok  grup,  atau  mailing-list.  Email  pada  dasarnya adalah  alat  komunikasi  personal.

2. Jangan Membicarakan Orang Lain

                Jangan  membicarakan  orang  atau  pihak lain,  apalagi  kejelekan- kejelakannya.  Berhati-hatilah  terhadap  apa  yang  anda  tulis.  E-mail  memiliki  fasilitas  bernama  "Forward",  yang mengizinkan  si  penerima   akan  meneruskannya  (forward)  ke  orang  lain.

3. Jangan gunakan huruf kapital

                Seperti halnya  membaca  suratkabar,  atau  surat,  membaca  pesan  e-mail  yang menggunakan  huruf  besar/kapita l yang  berlebihan  tidak  enak  dilihat.  Tapi  di  samping  itu, terutama  dalam  tata  karma  berkomunikasi  dengan  email/chat,  penggunaan  huruf  besar [kapital]  biasanya  dianggap  berteriak.  Mungkin  saja  maksudnya  hanya  untuk   memberi tekanan pada  maksud  Anda.

4. Jangan terlalu banyak mengutip

                Hati-hati  dalam  melakukan  balasan  (reply).  Fasilitas  'Reply'  dari  sebagian  besar  program  mailer  biasanya  akan  mengutip  pesan  asli  yang  Anda  terima  secara otomatis  ke dalam  isi  surat  Anda.  Jika  harus  mengutip  pesan  seseorang  dalam  jawaban  e-mail,  usahakan menghapus  bagian-bagian  yang  tidak perlu,  dan  hanya menjawab  bagian-bagian  yang  relevan saja.

5. Jangan gunakan CC (copy carbon)

                Jika  Anda  ingin  mengirim  mail  ke  Sejumlah  orang  (misalnya di mailing-list),  usahakan atau  hindari  mencantumkan   nama-nama  pada  baris CC.  Jika Anda  melakukan  hal  itu,  semua orang  yang  menerima  e-mail  Anda,  akan  bias  melihat  alamat-alamat  e-mail  orang  lain. Umumnya  orang  tidak  suka  bila  alamat  e-mailnya  dibeberkan  di  depan  umum.  Selalu  gunakan BCC  (blind carbon copy).  Dengan  cara  ini  setiap  orang  hanya  bisa  melihat   alamat  e-mailnya sendiri.

6. Jangan gunakan format HTML

                Jika  Anda  mengirim  sebuah  pesan  penting  ke  rekan  Anda,  jangan  gunakan  format HTML  tanpa  Anda yakin  bahwa  program  e-mail  rekan  Anda  bisa  memahami  kode  HTML.  Jika tidak,  pesan  Anda  sama  sekali  tidak  terbaca  atau  kosong.  Sebaiknya,  gunakan  plain  text.

7. Jawablah Secara Masuk Akal

                Jawablah  setiap  pesan  e-mail secara  masuk  akal.   Jangan  menjawab  dua  tiga pertanyaan  dalam satu  jawaban.  Apalagi,  menjawab  pesan  e-mail  yang  panjang   lebar,  dan Anda  menjawab  dalam  satu  kata   "Good."  Wah,  ini sangat  menyebalkan.

Sebaiknya  untuk  efisiensi  penggunaan  kata,  gunakan  singkatan  yang  sudah  lazim  digunakan

                Untuk  efisiensi  penggunaan  kata,  frase  atau  stilah  By the Way  (= ngomong-ngomong) bias  disingkat  menjadi  BTW.  In My Opinion  (=menurut hemat saya)  bisa  disingkat  IMO. Because (=karena)  bisa disingkat menjadi 'coz.  Penggunaan kata  sapa  Bahasa  Inggris  misalnya,  kalimat How are you? ,  bisa  diganti  menjadi  How  R U?  Kalimat  "Menurut hemat saya"  bisa  diganti  menjadi  IMHO  (In My Humble Opinion)  dan  sebagainya.



ATURAN INTI NETIQUETTE

Aturan-aturan berikut ini merupakan hal yang dasar untuk dipatuhi.

ATURAN NOMOR 1 :



Jangan pernah lupa bahwa orang yang sedang membaca e-mail atau posting Anda adalah manusia dengan perasaan yang bisa saja terluka. Berikut ini beberapa kata kunci yang dapat diingat bersama:



Adalah tidak baik untuk melukai perasaan orang lain. Cobalah untuk tidak mengirim komentar yang bernada menyerang tapi bersikaplah saling membangun.



Jangan pernah mengetik isi pesan Anda dengan menggunakan huruf besar semua, meskipun itu hanya pesan singkat, balasan ke suatu posting di forum, atau di dalam sebuah e-mail. Dengan menulis pesan menggunakan huruf besar semua, sama artinya Anda sedang berteriak (kecuali ternyata bukan itu yang Anda maksudkan). Jika Anda tidak bermaksud seperti itu, yakinkan dengan tegas dan katakan ke orang bahwa Anda sedang tidak berteriak. Ingatlah, bahwa orang tidak dapat mengetahui apa isi hati Anda tanpa menjelaskan apa yang sedang Anda lakukan.



Jangan pernah mengirim e-mail atau mengirim posting apapun yang tidak layak Anda katakan ke orang lain. Internet bukanlah tempat untuk mencari pertengkaran. Banyak orang di luar sana yang sama-sama membutuhkan informasi berguna, jadi jangan coba-coba untuk mencari gara-gara.



Ingatkan orang lain jika melakukan flaming. Bagi yang belum tahu apa itu flaming, berikut ini definisi sederhananya. Flaming adalah ketika seseorang atau sekelompok orang mengekspresikan hal-hal negatif mengenai situasi tertentu. Alasan untuk mengingatkan orang yang melakukan hal ini adalah karena beberapa orang mungkin tidak tahu jika orang tersebut sedang melakukan flaming. Maksudnya di sini adalah, lingkungan Internet tidak seperti Anda sedang duduk dengan orang lain dan saling berhadap-hadapan, lalu mengatakan orang lain itu gila atau Anda jengkel terhadap sesuatu. Jadi tolong beritahu orang lain jika dia sedang melakukan flaming. Kita berusaha untuk sama-sama mengurangi kemungkinan adanya konfrontasi di Internet.



ATURAN NOMOR 2 :



Bersikap dan bertindaklah dengan selalu memperhatikan etika, dan jangan buru-buru menyimpulkan sesuatu. Orang yang sedang berada di Internet datang dari berbagai penjuru dunia dan memiliki perbedaan pandangan terhadap sesuatu. Bersikaplah terbuka untuk mendengarkan orang lain dan apa yang mereka katakan. Ini adalah Internet, jadi cobalah untuk mempelajari hal-hal yang baru. Melanggar hukum berarti telah melakukan Netiquette yang buruk. Itu yang pelu diingat!

ATURAN NOMOR 3 :

Netiquette bervariasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Tidak semua orang mengikuti aturan yang sama. Jadi, selalulah bersikap terbuka dan jika dibutuhkan, bersikaplah kritis tapi tetap konstruktif (membangun), dan bukan bersikap sebaliknya (negatif). Jika Anda berada di suatu wilayah topik pembicaraan pada forum atau chating, jangan buru-buru langsung mengirim komentar. Cobalah untuk menangkap ide dari apa yang sedang terjadi atau sedang dibahas. Setelah Anda merasa yakin dan berpikir bahwa Anda siap untuk menambahkan informasi/komentar yang berguna, baru kirim posting. Posting yang terlalu dini dapat berpotensi menyebabkan flaming (karena Anda sedang berusaha untuk memahami sesuatu secara nyata, padahal Anda tidak tahu apa yang sedang terjadi di forum).



ATURAN NOMOR 4 :


Tidak masalah bahwa apa yang sedang Anda pikirkan merupakan hal yang paling penting dari segalanya, tapi jangan berharap orang lain setuju dengan Anda. Kirimkanlah posting Anda ke group yang sesuai. Jika Anda tidak dapat menemukan group yang sesuai dengan itu dan Anda merasa bahwa posting itu harus Anda kirim, yakinkan bahwa Subject dari posting Anda sesuai dengan isi posting Anda, sehingga orang lain tahu bahwa posting Anda tidak mengganggu topik diskusi saat itu.


Cobalah untuk tidak bertanya hal-hal yang bodoh di suatu kelompok diskusi. Jika hal itu merupakan pertanyaan yang sederhana yang jawabannya dapat dicari dari Google, jangan kirim posting Anda. Di sisi lain, jika posting Anda merupakan sebuah tipe pertanyaan yang memerlukan jawaban dalam bentuk opini atau pendapat, hal itu berbeda. Yakinkan orang lain bahwa Anda ingin memperoleh pendapat atau opini dari orang lain atas pertanyaan Anda, dan saya yakin orang akan senang membantu permasalahan Anda.


Bacalah FAQ (Frequently Asked Questions) atau Pertanyaan yang Sering Diajukan. Sekitar 90%, semua pertanyaan yang diajukan dapat dijawab melalui bagian FAQ. Bahkan jika Anda tidak menduga bahwa Anda akan mendapatkan jawabannya di sana, periksa dulu di FAQ. Berdasarkan pengalaman orang pada umumnya, pertanyaan mereka dapat terjawab jika membaca FAQ.



Jika lebih cocok, gunakan e-mail pribadi daripada mengirim posting ke group. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau komentari tapi menurut Anda hal itu tidak perlu atau tidak penting untuk diketahui oleh orang lain, kirim e-mail kepada orang yang bersangkutan tadi. Saya yakin, orang yang Anda kirimi e-mail tadi juga akan senang jika dia memperoleh e-mail dari Anda, tidak melalui forum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar