ETIKA INTERNET
i
|
nternet dikenal
sebagai komunitas yang
tidak mengenal aturan.
Dalam internet semua orang
berhak bertindak , berinisiatif,
berkreasi apa saja
tanpa ada Yang melarang
dan menentang. Internet bersifat
bebas ! Namun meskipun bersifat
bebas dan terbuka,
ternyata berinternet juga memiliki
batasan-batasan yang musti
kita perhatikan.
Batasan-batasan atau etika tersebut
berupa tata tertib
berinternet yang sering
disebut Nettiquette! Seperti
halnya berkomunikasi melalui surat
analog atau bertatap
muka, berkomunikasi dengan
e-mail butuh etika yang
dinamakan Nettiquette (atau Netiket
= netter etiket). Bisa dibayangkan, hampir
setiap hari ada jutaan
e-mail dikirimkan dan
diterima oleh begitu banyak orang.
Maka jika salah-salah kata, bisa berakibat Fatal. Tapi memang sangat menyebalkan, jika kita menerima pesan e-mail yang pengirimnya menggunakan huruf kapital, mengirim kembali seutuhnya pesan-pesan yang kita kirimkan, atau menjawab pertanyaan panjang kita, dengan ucapan, "saya kira begitu", atau "betul." Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya kita mengetahui beberapa di antaranya:
1. Perlakukan e-mail secara pribadi
` Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan secara pribadi, tidak sepatutnya kita mengirimnya ke forum umum, seperti kelompok grup, atau mailing-list. Email pada dasarnya adalah alat komunikasi personal.
2. Jangan Membicarakan Orang Lain
Maka jika salah-salah kata, bisa berakibat Fatal. Tapi memang sangat menyebalkan, jika kita menerima pesan e-mail yang pengirimnya menggunakan huruf kapital, mengirim kembali seutuhnya pesan-pesan yang kita kirimkan, atau menjawab pertanyaan panjang kita, dengan ucapan, "saya kira begitu", atau "betul." Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya kita mengetahui beberapa di antaranya:
1. Perlakukan e-mail secara pribadi
` Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan secara pribadi, tidak sepatutnya kita mengirimnya ke forum umum, seperti kelompok grup, atau mailing-list. Email pada dasarnya adalah alat komunikasi personal.
2. Jangan Membicarakan Orang Lain
Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan- kejelakannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang anda tulis. E-mail memiliki fasilitas bernama "Forward", yang mengizinkan si penerima akan meneruskannya (forward) ke orang lain.
3. Jangan gunakan huruf kapital
Seperti halnya membaca suratkabar, atau surat, membaca pesan e-mail yang menggunakan huruf besar/kapita l yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi di samping itu, terutama dalam tata karma berkomunikasi dengan email/chat, penggunaan huruf besar [kapital] biasanya dianggap berteriak. Mungkin saja maksudnya hanya untuk memberi tekanan pada maksud Anda.
4. Jangan terlalu banyak mengutip
Hati-hati dalam melakukan balasan (reply). Fasilitas 'Reply' dari sebagian besar program mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang Anda terima secara otomatis ke dalam isi surat Anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan hanya menjawab bagian-bagian yang relevan saja.
5. Jangan gunakan CC (copy carbon)
Jika Anda ingin mengirim mail ke Sejumlah orang (misalnya di mailing-list), usahakan atau hindari mencantumkan nama-nama pada baris CC. Jika Anda melakukan hal itu, semua orang yang menerima e-mail Anda, akan bias melihat alamat-alamat e-mail orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat e-mailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat e-mailnya sendiri.
6. Jangan gunakan format HTML
Jika Anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan Anda, jangan gunakan format HTML tanpa Anda yakin bahwa program e-mail rekan Anda bisa memahami kode HTML. Jika tidak, pesan Anda sama sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaiknya, gunakan plain text.
7. Jawablah Secara Masuk Akal
Jawablah setiap pesan e-mail secara masuk akal. Jangan menjawab dua tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan e-mail yang panjang lebar, dan Anda menjawab dalam satu kata "Good." Wah, ini sangat menyebalkan.
Sebaiknya untuk efisiensi penggunaan kata, gunakan singkatan yang sudah lazim digunakan
Untuk efisiensi penggunaan kata, frase atau stilah By the Way (= ngomong-ngomong) bias disingkat menjadi BTW. In My Opinion (=menurut hemat saya) bisa disingkat IMO. Because (=karena) bisa disingkat menjadi 'coz. Penggunaan kata sapa Bahasa Inggris misalnya, kalimat How are you? , bisa diganti menjadi How R U? Kalimat "Menurut hemat saya" bisa diganti menjadi IMHO (In My Humble Opinion) dan sebagainya.
ATURAN INTI
NETIQUETTE
Aturan-aturan berikut
ini merupakan hal yang dasar untuk dipatuhi.
ATURAN NOMOR 1 :

Adalah tidak baik untuk melukai
perasaan orang lain. Cobalah untuk tidak mengirim komentar yang bernada
menyerang tapi bersikaplah saling membangun.
Jangan pernah
mengetik isi pesan Anda dengan menggunakan huruf besar semua, meskipun itu
hanya pesan singkat, balasan ke suatu posting di forum, atau di dalam sebuah
e-mail. Dengan menulis pesan menggunakan huruf besar semua, sama artinya Anda
sedang berteriak (kecuali ternyata bukan itu yang Anda maksudkan). Jika Anda
tidak bermaksud seperti itu, yakinkan dengan tegas dan katakan ke orang bahwa
Anda sedang tidak berteriak. Ingatlah, bahwa orang tidak dapat mengetahui apa
isi hati Anda tanpa menjelaskan apa yang sedang Anda lakukan.
Jangan pernah
mengirim e-mail atau mengirim posting apapun yang tidak layak Anda katakan ke
orang lain. Internet bukanlah tempat untuk mencari pertengkaran. Banyak orang
di luar sana yang sama-sama membutuhkan informasi berguna, jadi jangan
coba-coba untuk mencari gara-gara.
Ingatkan orang lain
jika melakukan flaming. Bagi yang belum tahu apa itu flaming, berikut ini
definisi sederhananya. Flaming adalah ketika seseorang atau sekelompok orang
mengekspresikan hal-hal negatif mengenai situasi tertentu. Alasan untuk
mengingatkan orang yang melakukan hal ini adalah karena beberapa orang mungkin
tidak tahu jika orang tersebut sedang melakukan flaming. Maksudnya di sini
adalah, lingkungan Internet tidak seperti Anda sedang duduk dengan orang lain
dan saling berhadap-hadapan, lalu mengatakan orang lain itu gila atau Anda
jengkel terhadap sesuatu. Jadi tolong beritahu orang lain jika dia sedang melakukan
flaming. Kita berusaha untuk sama-sama mengurangi kemungkinan adanya
konfrontasi di Internet.
ATURAN NOMOR 2 :
Bersikap dan
bertindaklah dengan selalu memperhatikan etika, dan jangan buru-buru
menyimpulkan sesuatu. Orang yang sedang berada di Internet datang dari berbagai
penjuru dunia dan memiliki perbedaan pandangan terhadap sesuatu. Bersikaplah
terbuka untuk mendengarkan orang lain dan apa yang mereka katakan. Ini adalah
Internet, jadi cobalah untuk mempelajari hal-hal yang baru. Melanggar hukum
berarti telah melakukan Netiquette yang buruk. Itu yang pelu diingat!
ATURAN NOMOR 3 :
Netiquette bervariasi
dari satu tempat ke tempat yang lain. Tidak semua orang mengikuti aturan yang
sama. Jadi, selalulah bersikap terbuka dan jika dibutuhkan, bersikaplah kritis
tapi tetap konstruktif (membangun), dan bukan bersikap sebaliknya (negatif).
Jika Anda berada di suatu wilayah topik pembicaraan pada forum atau chating,
jangan buru-buru langsung mengirim komentar. Cobalah untuk menangkap ide dari
apa yang sedang terjadi atau sedang dibahas. Setelah Anda merasa yakin dan
berpikir bahwa Anda siap untuk menambahkan informasi/komentar yang berguna,
baru kirim posting. Posting yang terlalu dini dapat berpotensi menyebabkan
flaming (karena Anda sedang berusaha untuk memahami sesuatu secara nyata,
padahal Anda tidak tahu apa yang sedang terjadi di forum).
ATURAN NOMOR 4 :
Tidak masalah bahwa
apa yang sedang Anda pikirkan merupakan hal yang paling penting dari segalanya,
tapi jangan berharap orang lain setuju dengan Anda. Kirimkanlah posting Anda ke
group yang sesuai. Jika Anda tidak dapat menemukan group yang sesuai dengan itu
dan Anda merasa bahwa posting itu harus Anda kirim, yakinkan bahwa Subject dari
posting Anda sesuai dengan isi posting Anda, sehingga orang lain tahu bahwa
posting Anda tidak mengganggu topik diskusi saat itu.
Cobalah untuk tidak
bertanya hal-hal yang bodoh di suatu kelompok diskusi. Jika hal itu merupakan
pertanyaan yang sederhana yang jawabannya dapat dicari dari Google, jangan
kirim posting Anda. Di sisi lain, jika posting Anda merupakan sebuah tipe
pertanyaan yang memerlukan jawaban dalam bentuk opini atau pendapat, hal itu
berbeda. Yakinkan orang lain bahwa Anda ingin memperoleh pendapat atau opini
dari orang lain atas pertanyaan Anda, dan saya yakin orang akan senang membantu
permasalahan Anda.
Bacalah FAQ
(Frequently Asked Questions) atau Pertanyaan yang Sering Diajukan. Sekitar 90%,
semua pertanyaan yang diajukan dapat dijawab melalui bagian FAQ. Bahkan jika
Anda tidak menduga bahwa Anda akan mendapatkan jawabannya di sana, periksa dulu
di FAQ. Berdasarkan pengalaman orang pada umumnya, pertanyaan mereka dapat
terjawab jika membaca FAQ.
Jika lebih cocok,
gunakan e-mail pribadi daripada mengirim posting ke group. Jika ada sesuatu
yang perlu Anda tanyakan atau komentari tapi menurut Anda hal itu tidak perlu
atau tidak penting untuk diketahui oleh orang lain, kirim e-mail kepada orang
yang bersangkutan tadi. Saya yakin, orang yang Anda kirimi e-mail tadi juga
akan senang jika dia memperoleh e-mail dari Anda, tidak melalui forum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar